bagian organisasi
sekretariat daerah kabupaten landak
Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Publik Puskesmas Serimbu
Berita Kabupaten

Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Publik Puskesmas Serimbu

Oleh
Administrator

05 Jul 202311:37:50 WIB714 views

Landak - Selasa, 4 Juli 2023, Guna mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas serta dapat memperoleh predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) terkait kepatuhan standar pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak, Bagian Organisasi Setda Landak melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik di Puskesmas Serimbu dengan melaksanakan monitoring, evaluasi dan pembinaan.
Tim Bagian Organisasi melakukan kunjungan ke Puskesmas Serimbu Kabupaten Landak untuk melihat secara langsung komponen indikator standar pelayanan publik yang telah tersedia dan dipajang serta memberikan masukan untuk perbaikan dan kelengkapan dari standar pelayanan publik pada Puskesmas Serimbu. Secara umum Puskesmas Serimbu telah menerapkan seluruh komponen indikator standar pelayanan publik yang harus disediakan, sehingga menurut penilaian internal tim Bagian Organisasi terkait kepatuhan standar pelayanan publik, Puskesmas Serimbu berada pada zona hijau, dan diharapkan untuk penilaian yang dilakukan oleh Bagian Organisasi hanya tinggal membangun WEB Puskesmas Serimbu saja, sehingga layanan publik dapat terjangkau oleh masyarakat luas.
Adapun variabel penilaian maupun komponen indikator standar pelayanan publik yang harus disediakan adalah :
    
1. Standar Pelayanan Publik
   - Sistem, Mekanisme dan Prosedur (dasar hukum dan alur pelayanan)
   - Produk (produk layanan dan hasil dari produk layanan)
   - Jangka waktu penyelesaian / waktu pelayanan
   - Biaya/tarif
2. Maklumat Layanan
   - Ketersediaan Maklumat Pelayanan
3. Sarana dan Prasarana atau Fasilitas
   - Ketersediaan ruang tunggu
   - Ketersediaan toilet
   - Ketersediaan loket/desk/meja pelayanan
4. Pelayanan Khusus
   - Ketersediaan sarana/prasarana khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus (ram, tambatan, kursi roda, jalur pemandu, toliet khusus, ruang menyusui, ruang bermain anak, dll)
   - Ketersediaan pelayanan khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus
5. Pengelolaan Pengaduan, Saran dan Masukan
   - Ketersediaan sarana pengaduan (kotak saran / SMS / Telepon / Fax / Email, portal Website,dll)
   - Ketersedian informasi prosedur, tatacara penyampaian pengaduan, jangka waktu penyelesaian pengaduan, foto petugas pengaduan
   - Ketersediaan pejabat/petugas pengelola pengaduan
6. Penilaian Kinerja / Evaluasi
   - Ketersediaan sarana pengukuran kepuasan pelanggan / masyarakat
7. Visi, Misi dan Motto Pelayanan
   - Ketersediaan Motto Pelayana
   - Ketersediaan Visi dan Misi Pelayanan
8. Atribut Petugas Pelayanan